NUSANTARA

Masker Dibagikan untuk Warga Sekitar Gunung Raung

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur mulai membagikan masker kepada warga."

Masker Dibagikan untuk Warga Sekitar Gunung Raung
Gunung Raung

KBR68H, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Jawa Timur mulai membagikan masker kepada warga. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi erupsi Gunung Raung. Kepala BPBD Banyuwangi, Wiyono mengatakan Gunung aktif ini sekarang sudah ditetapkan dalam status siaga level 3.

"Langkah yang sudah dilakukan oleh BPBD Banyuwangi salah satunya membagikan masker yang setiap saat harus dikenakan masyarakat jika andai kata ada hujan abu dan sebagainya. Masker itu sekarang berada di puskesmas-puskesmas yang berdekatan dengan kawasan. BPBD telah mengusulkan berbagai peralatan pada pusat agar sarana komunikasi, transportasi yang mampu menembus medan berat itu segera mendapat bantuan. Dan sebagian sudah dapat khususnya alat-alat komunikasi," kata Wiyono kepada KBR68H, Jumat (1/3).

Wiyono menambahkan, pemerintah setempat kini telah menutup kawasan pendakian di sekitar Gunung Raung dan melarang warga berkegiatan di radius 3 kilometer dari puncak kawah. Sebelumnya Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono menyatakan aktivitas Gunung Raung terus meningkat dengan keluarnya lava pijar. Kepulan asap dan gempa vulkanik makin sering terjadi. PVMBG menduga letusan Gunung Raung akan mengganggu kegiatan jasa penerbangan di kawasan Timur Indonesia.

  • Gunung Raung

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!