NUSANTARA

2013-03-26T18:16:27.000Z

Korupsi Dana BOS, Kepala Sekolah Dihukum 14 Bulan Penjara

"Kepala Sekolah SMP Negeri 2 kabupaten Toba Samosir, Jhonson Sinaga dihukum satu tahun dan dua bulan penjara karena terbukti bersalah mengkorupsi dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) senilai Rp 18 juta lebih."

Korupsi Dana BOS, Kepala Sekolah Dihukum 14 Bulan Penjara
korupsi, bos, sumatera utara

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 kabupaten Toba Samosir, Jhonson Sinaga dihukum satu tahun dan dua bulan penjara karena terbukti bersalah mengkorupsi dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) senilai Rp 18 juta lebih.

Jhonson Sinaga juga diperintahkan membayar  denda Rp 50 juta subsider satu bulan kurungan.

Putusan majelis hakim ini  lebih ringan dari  tuntutan JPU Jahoras Ritonga dari Kejaksaan Negeri Balige. JPU menuntut terdakwa dipenjara 1,5 tahun serta denda Rp 50 juta.

Dalam amar putusan disebutkan terdakwa melakukan korupsi pada dana BOS untuk SMPN 2 Uluan tahun 2012 lalu. Dimana terdakwa melakukan pemotongan honor guru. Terdakwa Jonson juga tidak membayarkan insentif guru pada bulan Januari hingga Maret 2012. Selain itu juga diketahui, terdakwa juga melakukan pemalsuan tanda tangan guru yang honornya dipotong.

Usai membacakan putusan majelis hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa dan JPU untuk mengajukan banding tujuh hari kedepan. " Terdakwa mengerti hasil putusan tersebut. Dan terdakwa serta Penuntut Umum berhak mengajukan banding atau menerima putusan ini 7 hari setelah putusan ini" ujar Suhartanto kembali.

sumber: Star News 

  • korupsi
  • bos
  • sumatera utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!