NUSANTARA

Hujan Es Landa Rembang

Hujan Es Landa Rembang
hujan es, cuaca ekstrem, rembang

KBR68H, Rembang- Hujan es terjadi di desa Kaliombo Kec. Sulang, sehingga mengagetkan masyarakat setempat. Apalagi fenomena seperti itu baru kali pertama. Awalnya Senin sore (11 Maret 2013) mendung tebal menggantung di wilayah selatan kabupaten Rembang. Tak berselang lama, turun hujan deras disertai angin kencang. Warga dikagetkan dengan  suara gemeretak di atas genteng rumah, tidak seperti hujan biasa.

Kasturi, seorang warga desa Kaliombo menyatakan banyak buliran es batu sejempol orang dewasa berserakan. Fenomena tersebut justru memancing rasa penasaran anak-anak. Mereka asyik mengumpulkan buliran es, bahkan ada pula yang langsung memakannya. Hujan es hanya berlangsung sekitar lima menit. Kasturi menambahkan peristiwa itu tidak sampai mengakibatkan kerusakan bangunan. 

Hujan es seperti salju, dipicu oleh posisi awan yang dekat dengan permukaan bumi tidak melebur dengan sempurna, sehingga ketika turun dalam keadaan masih berbentuk kondensasi atau gumpalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Suharso mengingatkan cuaca ekstrem masih rawan, terutama pada masa peralihan musim, dari penghujan ke kemarau. Beberapa tanda yang perlu diwaspadai semisal udara terasa sangat panas pada pagi atau malam hari, kemudian muncul awan berlapis lapis seperti bunga kol, dahan atau ranting pepohonan bergoyang cepat, maka kondisi seperti itu berpotensi menimbulkan cuaca ekstrem, termasuk angin kencang dan hujan es.

Sumber: Radio R2B Rembang

  • hujan es
  • cuaca ekstrem
  • rembang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!