NUSANTARA

Harga Bawang dan Cabe di Cirebon Belum Stabil

Harga Bawang dan Cabe di Cirebon Belum Stabil

Harga komoditas sayuran khususnya bawang putih, bawang merah, dan cabe merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon belum berpihak pada konsumen. Harga ketiga jenis sayuran itu terus berubah setiap hari, baik di tingkat pengepul maupun pengecer.

Hal ini berimbas pada pedagang, karena mereka kesulitan menetukan harga rata-rata per kilogram, selain itu secara langsung mempengaruhi kuantitas pembelian konsumen yang pada akhirnya berpengaruh pada omzet penjualan pedagang.

Dalam menghadapi perubahan harga yang terjadi setiap hari ini, pedagang sayuran harus pandai-pandai mengatur jumlah stok barang. Mereka khawatir kalau harga naik sementara stok barang masih banyak,  pedagang akan merugi karena stok bawang putih, bawang merah, dan cabai merah yang mengendap terlalu lama tidak bisa dijual karena sudah busuk.

Salah seorang agen bawang merah dan bawang putih di pasar induk Jagasatru Kota Cirebon Diding mengatakan, perubahan harga pada bawang merah dan putih terjadi sejak seminggu lalu.

“Harga bawang putih pernah mencapai Rp 80.000 per kilogram tetapi sekarang sudah turun menjadi Rp 40.000 per kilogram, sedangkan harga bawang merah tidak jauh berbeda yakni Rp 40.000-Rp 45.000 per kilogram. Walaupun harga bawang putih mengalami penurunan tetapi harganya masih mahal, karena harga normalnya Rp 12.000 hingga Rp 15.000 per kilogram.”

Ia mengakui, sejak harga bawang putih dan bawang merah mengalami kenaikan, omzet penjualannya mengalami penurunan karena biasanya dalam sehari ia bisa menjual 200 kg tetapi kini terjual sebanyak 100 kg.

Diding menjelaskan, walaupun harganya terbilang tinggi, namun kualitas bawang putih kurang baik, karena terlalu lama disimpan dalam ruangan ber-AC.

Sementara agen panjual cabe merah di tempat yang sama Adi mengatakan, harga cabe merah dalam satu minggu terakhir mencapai Rp 17.000 per kilogram, biasanya hanya Rp 14.000-Rp 15.000.

Sementara penjual sayuran di Pasar Kanoman Kota Cirebon Mpu mengatakan, harga bawang putih saat ini menapai Rp 50.000 per kilogram yang biasanya hanya Rp 15.000 per kilogram, sedangkan harga cabe merah dari Rp 15.000 per kilogram menjadi Rp 20.000 per kilogram. Ia mengakui, sejak harga bawang mengalami kenaikan omzet penjualannya menjadi turun. “Sekarang orang beli bawang cuma ¼ kg, satu hari paling laku 5 kg, waktu harganya normal bisa 10 kg per hari, jadi sekarang saya stoknya gak banyak-banyak.”

Sumber: radio Gratia Cirebon

  • harga cabe
  • bawang
  • cirebon
  • jawa barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!