NUSANTARA

Gunung Marapi di Sumbar Kembali Meletus

"Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali meletus. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Ade Edward mengatakan, letusan mengakibatkan awan putih setinggi 200 meter dari puncak."

Gunung Marapi di Sumbar Kembali Meletus
marapi, sumbar

KBR68H, Jakarta - Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali meletus. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Ade Edward mengatakan, letusan mengakibatkan awan putih setinggi 200 meter dari puncak. Namun, ia mengklaim kondisi gunung masih aman dan diberlakukan status waspada level II.

"Kami masih memberlakukan standar keamanan bagi seluruh warga. Mereka dihimbau untuk tidak mencekati kawasan puncak. Itu sampai sekarang masih diberlakukan. Tadi itu letupannya cuma mencapai 100 meteran. Sebelumnya malah ada yang lebih tinggi, namun tak apa-apa," katanya kepada KBR68H.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Ade Edward.

Sejak awal Agustus 2012 lalu, Gunung Marapi di Sumatera Barat menunjukan aktivitas yang meningkat dengan mengeluarkan abu vulkanik. Semburan abu vulkanik berbau belerang mencapai 1.000 meter lebih. Semburan menjangkau Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Kota Pariaman, dan Kabupaten Padang Pariaman.

  • marapi
  • sumbar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!