NUSANTARA

Gas Beracun Tak Pengaruhi Kunjungan Wisata ke Dieng

"Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah memastikan kunjungan wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Gunung Dieng sudah kembali normal. Meski tak bisa menyebut jumlahnya, Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata setempat Satya Kuncoro mengatakan seju"

Danu Mahardika

Gas Beracun Tak Pengaruhi Kunjungan Wisata ke Dieng
gas beracun, kawah timbang, dieng

Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah memastikan kunjungan wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Gunung Dieng sudah kembali normal. Meski tak bisa menyebut jumlahnya, Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata setempat Satya Kuncoro mengatakan sejumlah rombongan wisatawan sempat membatalkan kunjungannya ke Dieng awal pekan lalu. Ini akibat pemberitaan tentang munculnya gas beracun di Kawah Timbang. Satya memastikan kawasan wisata Dieng aman karena berjarak 17 kilometer dari Kawah Timbang.

“Kawah Timbang itu letaknya di Kecamatan Batur, dari kawasan wisata Datarang Tinggi Dieng itu jaraknya 17 kilometer. Jadi sangat jauh. Dan menurut Vulkanologi, radius bahayanya 500 meter. Apalagi kalau disiang hari, kena panas gasnya menguap. Pada awal pemberitaan memang sangat mengganggu karena kunjungan wisatawan berkurang,” ujar Setya

Satya Kuncoro menambahkan Kawah Timbang tidak masuk dalam area wisata yang dipromosikan oleh biro wisata.

kawah Timbang telah ditetapkan dalam status waspada. Semingga terakhir kawah ini mengalami peningkatan aktivitas gempa dan munculnya gas beracun. Warga dilarang melakukan aktivitas apapun dalam jarak radius 500 M dari kawah.

  • gas beracun
  • kawah timbang
  • dieng

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!