NUSANTARA

Gas Beracun di Kawang Timbang Dieng Masih Berbahaya

"Konsentrasi hembusan gas beracun dari Kawah Timbang, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah masih tinggi dan membahayakan warga. Kepala Pos Pengamatan Gunung Dieng, Tunut Pujiharjo mengatakan hembusan gas beracun berada di sekitar daerah terlarang dalam radius"

Danu Mahardika

Gas Beracun di Kawang Timbang Dieng Masih Berbahaya
gas beracun, kawah timbang, dieng

KBR68H, Jakarta - Konsentrasi hembusan gas beracun dari Kawah Timbang, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah masih tinggi dan membahayakan warga. Kepala Pos Pengamatan Gunung Dieng, Tunut Pujiharjo mengatakan hembusan gas beracun berada di sekitar daerah terlarang dalam radius 300 meter.

"Untuk hari ini, konsentrasi masih tinggi ya di radius 500 M. Di titik aman juga masih ada beberapa titik yang ada gas nya tapi tidak terlalu besar," Kata Tunut ketika dihubungi KBR68H, Jumat (22/3)

Kawah Timbang di Dataran Tinggi Dieng saat ini masih dalam status waspada. Seminggu terakhir kawah ini mengalami peningkatan aktivitas gempa. Warga dilarang melakukan kegiatan apa pun dalam jarak radius 500 meter dari kawah.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng berada di antara Kabupaten Banjarnegara yaitu Dieng Wetan dan Dieng Kulon di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dan bisa dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Dataran Tinggi Dieng terdapat sedikitnya delapan kawah yang masih aktif.

  • gas beracun
  • kawah timbang
  • dieng

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!