Gali Sejarah, Pemkab Pati Gelar Lomba Karya Ilmiah Kepurbakalaan

- Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Pati, menyelengarakan Lomba Karya Ilmiah (LKI) Kebudayaan dan Kepurbakalaan untuk melatih dan menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda terhadap budaya tulis.

NUSANTARA

Kamis, 14 Mar 2013 16:25 WIB

Author

Radio PAS FM Pati

Gali Sejarah, Pemkab Pati Gelar Lomba Karya Ilmiah Kepurbakalaan

sejarah, purbakala, pati

KBR68H, Pati- Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Pati, menyelengarakan Lomba Karya Ilmiah (LKI) Kebudayaan dan Kepurbakalaan untuk melatih dan menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda terhadap budaya tulis. Lomba untuk pelajar  SLTA/SMK sederajat ini, ini juga untuk melatih generasi muda untuk menuliskan kehidupan masa lampau,  melalui argumentasi fakta-fakta dan data arkeologi. 

Lomba rutin tahunan yang diselenggarakan Disbudparpora Pati ini, untuk menggali sejarah dan kepurbakalaan lokal. Ini untuk menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap hasil budaya sendiri, sebagai identitas jati diri bangsa yang luhur.

Ketua Penyelenggara LKI Kebudayaan dan Kepurbakalaan, yang juga Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Disbudparpora Pati, Trevita mengatakan, dalam lomba ini peserta diharuskan memaparkan ragam warisan budaya dan kepurbakalaan yang dimiliki Kabupaten Pati.

“Oleh sebab itu, dalam rangka mengungkap kekayaan potensi warisan budaya di Pati,” kata Trevita.
 
Trevita menjelaskan, meski LKI digelar untuk pelajar se Kabupaten Pati, namun peserta yang andil dalam kegiatan itu, dapat dihitung dengan jari. Dari 25 pelajar yang ikut dalam kegiatan itu, 9 peserta diantaranya mengikuti LKI bidang sejarah, dan LKI Kepurbakalaan diikuti 16 peserta.

“Meski dalam lomba, akan ada juara 1, 2 dan juara 3, namun semua karya peserta yang ikut ambil bagian dalam LKI Sejarah dan Kepurbakalaan ini, akan dikirim ke lomba yang sama ditingkat provinsi di Semarang, pada April mendatang,” katanya.

Sampai berita ini disusun, penyelenggara masih melakukan penilaian terhadap karya peserta untuk menentukan juaranya.

Sumber: Radio PAS FM Pati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Jokowi Perintah Menkes Segera Tetapkan Kriteria Pembatasan Sosial Berskala Besar