Bawaslu: Kekurangan Berita Acara, KPU Sumut Melanggar

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegaskan kurangnya berita acara rekapitulasi penghitungan suara Gubernur Sumatera Utara di beberapa TPS di Medan merupakan pelanggaran administrasi.

NUSANTARA

Kamis, 07 Mar 2013 22:22 WIB

Author

Sindu Dharmawan

Bawaslu: Kekurangan Berita Acara, KPU Sumut Melanggar

Pilgub Sumut

KBR68H, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegaskan kurangnya berita acara rekapitulasi penghitungan suara Gubernur Sumatera Utara di beberapa TPS di Medan merupakan pelanggaran administrasi.
Anggota Bawaslu Daniel Zuchron mengatakan, berita acara tersebut merupakan alat yang penting dalam proses pemilihan.

"Sebenarnya itu lebih pada persoalan pelanggaran administratif. Hanya ketika diketahui ada surat suara atau ada alat kelengkapan pemilihan pemilihan atau pemungutuan dan penghitungan suara yang tidak lengkap maka segera bisa ditindaklanjuti dengan cepat untuk bisa tidak melukai atau mengganggu proses. Nah dalam konteks ini ketika itu ditemukan secara sistemik, ya saya kira memang tanggung jawabnya ada di KPU. Tapi kalau sifatnya spesifik, itu dalam beberapa hal menurut saya itu tetap perlu ditindaklanjuti tapi tidak mengganggu proses," kata Daniel saat dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menemukan adanya beberapa TPS di Medan yang masih kekurangan berita acara rekapitulasi penghitungan suara. KPU setempat mengaku, informasi kekurangan tersebut baru diterima saat pemilihan tengah berlangsung. Saat itu Anggota KPU Sumatera Utara Turunan B Pulo mengaku telah berkoordinasi untuk segera mengatasi kekurangan tersebut.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Polemik Patroli Siber

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11