Bawang Putih di Polman, Sulbar Rp65 Ribu Perkilo

Harga bawang putih di Pasar Senteral Pekkabata, Polewali Mandar, Sulawesi Barat melonjak dua kali lipat lebih. Harga bawang yang sebelumnya dari Rp20 ribu kini menjadi Rp65 ribu per kilogram.

NUSANTARA

Minggu, 17 Mar 2013 13:31 WIB

Author

Wandi Sukri

Bawang Putih di Polman, Sulbar Rp65 Ribu Perkilo

bawang putih, polewali mandar

KBR68H, Polewali Mandar – Harga bawang putih di Pasar Senteral Pekkabata, Polewali Mandar, Sulawesi Barat melonjak dua kali lipat lebih. Harga bawang yang sebelumnya dari Rp20 ribu kini menjadi Rp65 ribu per kilogram. Menurut salah satu pedagang di Pasar Senteral Pekkabata, Cici, kenaikan itu sudah berlangsung sepekan. Akibat melonjaknya harga bawang putih dan bawang merah, daya beli masyarakat turun 50 persen bahkan sebagian pedagang berhenti sementara menjual bawang putih.

“Harga sekarang meloncak naik terpengaruh sekali bagi kami pedagang kecil, sampai kami eh ada yang ngak sanggup beli, seperti saya sendiri tidak beli bawang putih sekarang ini, sudah ada satu minggu lebih ngak jualan bawang putih. Kenapa? Harga terlalu tinggi. Berapa ibu? Rp. 65 ribu per kilo. Enam puluh lima ribu per kilo? Bawang putih. Yang dulunya berapa? Yang dulunya Rp. 20 ribu per kilo. Terus yang lainnya? Bawang merahpun naik, eh sekarang Rp. 35 ribu per kilo yang dulunya Rp. 12 ribu per kilo,”kata Cici.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Senteral Pekkabata, Cici memperkirakan, harga bawang putih akan terus merangkak naik jika pasokannya tetap sedikit. Selain bawang putih dan merah, harga beras ketan juga merangkak naik jauh sebelum bawang putih naik, seperti ketang putih naik Rp100 ribu lebih, dari Rp200 ribu lebih menjadi Rp300 ribu lebih per 25 kilogram.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

News Beat

Kabar Baru Jam 7

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20