NUSANTARA

Banjir Lahar Dingin di Magelang Telah Surut

Banjir Lahar Dingin di Magelang Telah Surut

KBR68H, Jakarta - Banjir Dingin Lahar yang menerjang sejumlah sungai di Magelang Jawa Tengah berangsur surut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Sarwa Permana menuturkan, banjir lahar dingin itu melanda tiga sungai, yakni Sungai Apu, Senowo, dan Sungai Bebeng. Diperkirakan, volume lahar akibat banjir itu selebar 10 hingga 50 meter. Peristiwa ini terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi di Puncak Merapi.

"Sekarang sudah normal. Kemarin itu kejadiannya karena curah hujan yang tinggi di atas Merapi. Sehingga ada material yang turun dan mengaliri 10 sungai yang berhulu di Merapi. Itu tingkat kejadiannya masih terbilang rendah. Ketinggiannya baru 50 centi dan lebarnya 2 meter. Tidak seperti kejadian yang terjadi pada 25 Desember kemarin," jelasnya kepada KBR68H.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Sarwa Permana menambahkan, banjir lahar dingin yang terjadi kemarin tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya mengakibatkan tiga truk hanyut.

Namun demikian, pihak BPBD setempat menghimbau warga yang tinggal di bantaran kali untuk tetap waspada. Pasalnya, curah hujan di Puncak Merapi masih terbilang tinggi.

  • banjir
  • lahar dingin
  • magelang
  • jawa tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!