NUSANTARA

Asap Letusan Gunung Rokatenda Capai Ketinggian 2000 Meter

"Gunung Rokatenda di Pulau Pale, Nusa Tenggara Timur kembali meletus. Pengamat Gunung Rokatenda Frans Rokate mengatakan, letusan terjadi pagi tadi Waktu Indonesia Tengah dan mengeluarkan asap letusan dengan ketinggian 1500-2000 meter."

Eric Permana

Asap Letusan Gunung Rokatenda Capai Ketinggian 2000 Meter
gunung rokatenda

KBR68H, Jakarta – Gunung Rokatenda di Pulau Pale, Nusa Tenggara Timur kembali meletus. Pengamat Gunung Rokatenda Frans Rokate mengatakan, letusan terjadi pagi tadi Waktu Indonesia Tengah  dan mengeluarkan asap letusan dengan ketinggian 1500-2000 meter.

Akibat letusan tersebut hujan abu bergerak ke Desa Lidi yang berada di kaki Gunung Rokatenda mengakibatkan sebagian warga mengungsi ke wilayah Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

“Dan sebelumnya itu saya sampaikan sudah saya sampaikan tolong hati-hati sebelum letusan itu, 5 hari yang lalu saya sampaikan ke camat dan lurah untuk berhati-hati 3 km dari Gunung Rokatenda,” ujar Frans Rokate kepada KBR68H.

Awal Februari lalu Gunung Rokatenda meletus. Ketinggian abu vulkanik akibat letusan tersebut mencapai 6 kilometer, termasuk ke kawasan pantai utara Pulau Flores di Kabupaten Ende. Gunung berketinggian 875 meter di atas permukaan laut itu kini masih berstatus siaga.

  • gunung rokatenda

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!