NUSANTARA

Aktivitas Vulkanik Gunung Ijen Meningkat

"KBR68H, Bayuwangi "

Hermawan Arifianto

Aktivitas Vulkanik Gunung Ijen Meningkat
Vulkanik, Ijen

KBR68H, Bayuwangi – Aktivitas vulkanik Gunung Ijen di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur, dalam 3 hari ini terus meningkat. Kepala Pos Pantau Gunung Api Ijen Bambang Heri Purwanto mengatakan, sejak Kamis lalu, terekam peningkatan aktifitas vulkanik. Dengan tingkatan getaran tremor semakin tinggi. Kata dia, kondisi kawah Ijen masih tetap dalam status siaga.

“Jam 22.01 menit itu terekam tremor over skil yang durasinya 660 detik. Sampai saat ini masih terekam tremor dengan aplitudo 4 hingga 30 sampai 40 mili. Kalau hari biasa tremornya cuman 0,5 sampai 2 mili. Masih rusak ini jadi saya juga kecewa ini kena petir kemarin ini, sehingga tidak bisa mengamati dengan CCTV,” kata Bambang Heri Purwanto.

Kepala Pos Pantau Gunung Api Ijen Bambang Heri Purwanto menambahkan, saat ini pantauan aktivitas Gunung Ijen, secara visual tidak bisa dilakukan. Sebab kamera pemantau (CCTV) yang biasa digunakan untuk memantau masih rusak akibat di sambar petir. Dengan aktivitas vulkanik yang meningkat dan status siaga tersebut, pada radius 1,5 kilometer dari puncak gunung harus disterilkan dari segala kegiatan manusia, baik penambangan dan wisatawan. 

  • Vulkanik
  • Ijen

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!