NUSANTARA

400-an Warga Sulawesi Utara Terkena Kusta

400-an Warga Sulawesi Utara Terkena Kusta

KBR68H, Sulut – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara mencatat sepanjang tahun 2012 ada 400-an penderita kusta yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota.

Pejabat Dinas Kesehatan Sulawesi Utara Debby Pondaa mengatakan, Kota Bitung adalah daerah dengan penderita kusta terbanyak, yaitu sekitar 80-an orang. Kemudian disusul Manado dan Bolaang Mongondow.

“Kusta yang ditemukan Tahun 2012 itu 425 kasus, yang berobat sampai dengan sekarang 494 orang dan memang pengobatan kusta agak lama dia enam bulan sampai dengan satu tahun tergantung tipenya,” kata Debby.

Pejabat Dinas Kesehatan Sulawesi Utara Debby Pondaa menambahkan, jumlah penderita kusta di provinsi tersebut masuk dalam lima besar di Indonesia. Sementara jenis kusta yang paling banyak adalah tipe basah dengan jumlah 373 kasus.

  • kusta
  • sulawesi utara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!