29 Gereja di Bekasi Terancam Tutup

Puluhan gereja di Bekasi, Jawa Barat terancam ditutup pemerintah daerah setempat.

NUSANTARA

Senin, 18 Mar 2013 21:08 WIB

Author

Damar Fery Ardian

29 Gereja di Bekasi Terancam Tutup

gereja, bekasi, penyegelan

KBR68H, Jakarta - Puluhan gereja di Bekasi, Jawa Barat terancam ditutup pemerintah daerah setempat. Wakil Ketua SETARA Institute, Bonar Tigor Naipospos mencatat, hanya sekira 10 gereja di Bekasi yang sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Kata dia, ini disebabkan buruknya pelayanan Pemerintah Bekasi dalam memeroses perizinan pendirian tempat ibadah.

"Ini bisa dikatakan Bekasi itu salah satu kota yang tidak toleran. Karena begitu banyak kejadian, kalau kita catat tahun ini sudah puluhan. HKBP di Bekasi ada 39, hanya 10 yang punya IMB. 29 lainnya gelap, liar, ilegal. Itu baru HKBP, belum Gereja lain," ungkap Wakil Ketua SETARA Institue, Bonar Tigor Naipospos di Jakarta.

Sebelumnya, beberapa tempat ibadah di Bekasi, Jawa Barat disegel pemerintah daerah setempat. Di antaranya masjid Ahmadiyah Al-Misbah di Pondok Gede dan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Taman Sari, Setu pada 7 Maret lalu. Penyegelan dilakukan karena tempat ibadah itu diklaim tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Padahal, jemaat HKPB Taman Sari mengaku sudah sejak tahun lalu mengurus IMB tersebut. Namun, hingga kini Pemkab Bekasi urung memberikan izin.


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun