NUSANTARA

13 Kapal Asing Pencuri Ikan Ditangkap di Perairan Papua

"Pangkalan Armada Laut X Jayapura mengklaim dalam tiga bulan terakhir berhasil menangkap 13 kapal asing yang masuk ke perairan Papua. Kapal-kapal ini diduga melakukan pencurian ikan."

Katharina Lita

13 Kapal Asing Pencuri  Ikan Ditangkap di Perairan Papua
kapal asing, perairan papua

 KBR68H, Jakarta- Pangkalan Armada Laut X Jayapura mengklaim dalam tiga bulan terakhir berhasil menangkap 13 kapal asing yang masuk ke perairan Papua. Kapal-kapal ini diduga melakukan pencurian ikan.

Komandan Lantamal X Jayapura, I Gusti Putu Wijamahaadi menuturkan kebanyakan kapal yang diamankan berasal dari Filipina. “Sebanyak 6 kapal yang di tangkap diperairan Sorong, sudah dalam proses persidangan. Dua kapal lainnya  dijadikan hak milik negara di Manokwari. Sedangkan lima kapal lain sedang dalam kasasi,” ujarnya, Jumat (22/3) .

Lantamal X Jayapura mengklaim saat ini di perairan Papua, hanya memiliki ancaman dari para pencuri ikan dari kapal negara tetangga.

“Keanekaragaman ikan di perairan Papua cukup banyak. Selain Filipina, negara tetangga yang masuk hingga ke perairan Papua adalah Cina, Korea, dan Thailand. Untuk mengantisipasi hal ini, kami memiliki dua kapal perang yang melakukan patroli rutin, mulai dari wilayah utara hingga selatan Papua,” katanya. (Katharina Lita)

  • kapal asing
  • perairan papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!