NUSANTARA

Surat Cinta untuk Penumpang dari KAI Daop VI Yogyakarta

"Program surat cinta berhadiah ini sempat viral pada 2020. "

Surat Cinta untuk Penumpang dari KAI Daop VI Yogyakarta
Kondektur sedang membagikan hadiah kepada penumpang KA Mataram relasi Yogyakarta-Kutoarjo, Selasa, 14 Februari 2023. Foto: Humas KAI Daop VI

KBR, Yogyakarta- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VI Yogyakarta mengadakan program "Happy Valentrain" pada momen Hari Valentine, 14 Februari 2023.

Program surat cinta berhadiah ini sempat viral pada 2020. Saat itu surat diberikan oleh Kondektur Wilzan Billy Husein. Program tersebut berlaku untuk perjalanan KA Mataram pada relasi Yogyakarta-Kutoarjo.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan kondektur KA Mataram memberikan pilihan amplop surat cinta kepada penumpang. Di dalam amplop tersebut berisi bermacam-macam hadiah seperti merchandise KAI, cokelat, dan bunga.

"Penumpang diminta memilih amplop dan akan mendapatkan hadiahnya. Penumpang yang diberi hadiah merupakan pengguna KAI Access, di mana telah men-download dan membuat akun pada aplikasi tersebut," katanya dalam rilis yang dikirimkan, Selasa, (14/2/2023).

    Franoto menuturkan, program Happy Valentrain ini merupakan upaya KAI menunjukkan perhatian dengan cara unik dan berkesan kepada penumpang, khususnya pelanggan KA Mataram.

    "Kami berharap akan semakin dekat dengan pelanggan sehingga transportasi umum khususnya kereta api semakin dicintai oleh masyarakat khususnya pada bulan penuh kasih sayang Februari ini," ungkapnya.

    Fran menambahkan, selain di dalam perjalanan KA, Daop VI juga membagikan suvenir doorprize di Stasiun Yogyakarta bagi para pelanggan pengguna KAI Access.

    "Kegiatan disambut baik oleh pelanggan yang antusias mengikuti program Valentrain," pungkasnya.

    Kampanye Antipelecehan Seksual

    Sementara itu, di tempat terpisah dalam momen sama, PT KAI Daop III Cirebon mengampanyekan gerakan antipelecehan seksual baik di sekitar stasiun maupun di atas kereta api (KA).

    Bentuk kampanye itu ialah dengan cara membagi-bagikan bunga mawar dan cokelat kepada penumpang. Selain itu, ada pula kegiatan membubuhkan tanda tangan di spanduk berukuran 2x1 meter sebagai wujud dukungan terhadap gerakan antipelecehan seksual.

    Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi menyebut kaum perempuan merupakan kelompok paling rentan terhadap aksi pelecehan seksual.

    "Pembagian buket bunga merupakan bentuk apresiasi dan rasa simpatik kaum perempuan yang notabene seringkali menjadi sasaran tindakan pelecehan seksual," imbuhnya.

    Ayep menyerukan kepada para korban pelecehan seksual untuk berani melapor.

    "Isu ini menjadi penting agar masyarakat khususnya penumpang perempuan dapat teredukasi dengan baik dan mempunyai keberanian untuk melapor apabila mengalami pelecehan seksual.," katanya, Selasa (14/02/223).

    Menurutnya, selain korban, penumpang atau masyarakat yang melihat dan menyaksikan aksi pelecehan seksual memiliki andil besar dalam tindakan pencegahan.

    "Masyarakat sekitar atau dalam hal ini penumpang lain yang melihat aksi pelecehan seksual juga harus berani mencegah dan melaporkan tindakan tersebut," tuturnya.

    Salah seorang penumpang tujuan Purwokerto, Jawa Tengah, Naura Putri menjelaskan pengalamannya selama menggunakan moda transportasi KA

    "Saya tidak khawatir. Karena ketika menggunakan KA sejauh ini aman-aman saja. Saya juga setuju kalau korban pelecehan seksual harus berani melapor," katanya.

    Baca juga:

    Editor: Sindu

    • Happy Valentrain
    • Valentine
    • KAI Daop VI Yogyakarta

    Komentar (0)

    KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!