NUSANTARA

Pembebasan Pilot Susi Air Tunggu Hasil Negosiasi Pemkab Nduga

"Pilot Susi Air warga Selandia Baru disandera separatis di Nduga"

Pilot Susi Air disandera separatis di Nduga

KBR, Jayapura- Aparat keamanan menunggu hasil negosiasi sebelum membebaskan pilot Susi Air, Philips Mark Mehrtens yang disandera kelompok bersenjata di Nduga, Papua Pegunungan. Kapolres Nduga, Rio Alexander mengataka  aparat keamanan masih menunggu hasil negosiasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nduga, DPRD Nduga, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Katanya, tim ini sedang berupaya bertemu Egianus Kogoya dan kelompoknya, untuk bernegosiasi agar membebaskan pilot Susi Air itu.

Tim gabungan TNI/Polri telah mengetahui lokasi keberadaan pilot asal Selandia Baru itu.

"Tentunya upaya negosiasi tetap kita lakukan. Sampai sekarang untuk upaya negosiasi seperti yang diperintahkan Bapak Kapolda kepada kami, upaya negosiasi tetap kita lakukan. Pendekatan melalui beberapa stakeholder, pemda, tokoh masyarakat, tokoh agama, untuk mencari posisi Egianus untuk melaksanakan negosiasi," kata Rio Alexander, Kamis (23/2/2023).

Kapolres Nduga, Rio Alexander mengatakan, kini personel gabungan TNI/Polri telah menguasai distrik-distrik terpencil di Kabupaten Nduga yang selama ini menjadi wilayah kelompok bersenjata di sana. 

Menurutnya, bisa saja TNI/Polri melakukan upaya pembebasan paksa pilot Susi Air yang disandera kelompok bersenjata. Namun langkah itu belum diambil karena aparat keamanan masih mengedepankan pendekatan persuasif, karena keselamatan pilot Philips Mark Mehrtens adalah yang utama.

 Baca juga:

Kata dia, apabila nanti upaya negosiasi menemui jalan buntu, barulah aparat keamanan akan menggunakan cara lain untuk membebaskan pilot Susi Air.

Rio menegaskana, negara akan selalu hadir dan tidak akan kalah dengan keberadaan kelompok bersenjata ini.

"Semua pasukan sudah insert ke Kabupaten Nduga. Tinggal terserah Egianus. Kalau dia memang masih mau inginkan tetap keras hati, ya silakan," ucapnya

Pilot Susi Air, Philips Max Mehrtens yang disandera kelompok bersenjata merupakan warga negara Selandia Baru. Dia disandera sejak Selasa, 7 Februari 2023, setelah pesawatnya dibakar sesaat mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Editor: Rony Sitanggang

  • Papua
  • pilot Susi Air
  • konflik Papua
  • TNI
  • Egianus Kogoya

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!