NUSANTARA

Kemensos Menyerahkan Santunan untuk Keluarga Korban Gempa Jayapura

"Gempa bumi bermagnitudo 5,4 melanda Kota Jayapura pada Kamis, 9 Februari 2023."

Kemensos Menyerahkan Santunan untuk Keluarga Korban Gempa Jayapura
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan santunan kepada 4 ahli waris korban meninggal akibat gempa di Jayapura, Selasa, (14/2/ 2023). Foto: Kemensos.go.id

KBR, Jakarta- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengecek langsung penanganan dampak bencana gempa bumi di Kota Jayapura, Papua, Selasa, (14/2). Mensos Risma juga menyerahkan santunan untuk ahli waris dan keluarga dari empat korban meninggal.

Risma menyebut, Kemensos terus melakukan evaluasi untuk percepatan penanganan bencana gempa bumi di Kota Jayapura. Selain itu, Kementerian Sosial juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua Tengah, untuk membuat gudang stok penyangga.

"Sesuai dengan aturan itu Rp15 juta, kemudian kita bantu untuk sembako. Nah, yang ada anaknya nanti kita akan coba selesaikan supaya anaknya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah," kata Risma kepada wartawan, Selasa, (14/2/2023).

Baca juga:

Dua Pendulang Tewas Saat Longsor di Areal PT Freeport

Dalam penanganan bencana gempa bumi di Kota Jayapura, Kementerian Sosial telah mengirimkan bantuan logistik darurat, yang terdiri dari makanan untuk anak sebanyak 1000 paket, 100 kasur dan 500 matras, 1000 paket sandang dewasa.

Kemudian ada 500 paket-pakaian anak-anak, 500 unit tenda gulung, 50 unit tenda serbaguna, 150 unit tenda keluarga portable dan 5 unit toilet portable.

"Kita bisa pasang tenda sehingga saat-saat gempa yang bahaya tuh kan masyarakat saat malam dia kondisi tertidur atau dia kondisi ngantuk kemudian ada gempa bingung untuk menyelamatkan diri," kata Risma.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 5,4 melanda Kota Jayapura pada Kamis, 9 Februari 2023. Gempa itu mengakibatkan empat orang karyawan rumah makan di kawasan Ruko Dok 2 Jayapura meninggal. Gempa juga mengakibatkan sejumlah bangunan di sana rusak.

Editor: Sindu

  • Gempa Jayapura
  • Kemensos
  • Bencana Alam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!