NUSANTARA

Diduga Aniaya Warga Hingga Tewas, POM AL Merauke Selidiki Anggotanya

"Danlantamal XI Merauke, Gatot Mardiyono mengatakan, peristiwa itu berawal dari keributan beberapa warga di depan Posal Ilwayab."

Danlantanmal Merauke

KBR, Jayapura-  Polisi militer menyelidiki dugaan penganiayaan prajurit  TNI Angkatan Laut (AL) di Kabupaten Merauke, Papua Selatan hingga mengakibatkan seorang warga hingga tewas.

Peristiwa itu terjadi di Pos Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal XI Merauke, Distrik Ilwayab pada Selasa (21/2/2023) malam.
Korban bernama Albertus Kaize (32 tahun), dilaporkan meninggal dunia pada Rabu (22/2/2023) siang.

Komandan Lantamal XI Merauke, Gatot Mardiyono dalam siaran persnya membenarkan adanya dugaan penganiayaan itu.
Kata dia, polisi militer akan menyelidiki dugaan penganiayaan itu, untuk memastikan kebenarannya.

"Memang benar ada terjadi musibah di daerah Pos Angkatan Laut (Posal), yaitu daerah Posal Ilwayab. Saya memohon maaf atas adanya musibah ini. Nanti untuk kepastiannya tentunya perlu ada investigasi dari Polisi Militer yang memang tugasnya itu. Sementara itu yang dapat saya sampaikan. Terus komitmen kami bukan dari saya saja, tapi dari pimpinan Angkatan Laut, saat ini, masa ini tidak ada lagi menutup-nutupi pelanggaran oleh prajurit TNI," kata Gatot Mardiyono, Kamis (23/2/2023).

Baca juga:

Komandan Lantamal XI Merauke, Gatot Mardiyono mengatakan, peristiwa itu berawal dari keributan beberapa warga di depan Posal Ilwayab.

Insiden itu dilihat  anggota TNI AL yang bertugas di pos tersebut. Ia kemudian berupaya melerai.

Namun anggota TNI AL itu justru dipukul oleh warga yang dalam pengaruh minuman beralkohol, sehingga terjadi perkelahian.
Dua warga yang mabuk kemudian dibawa ke Posal.

Para Rabu dini hari, keduanya diantar anggota AL ke kapal ikan tempat mereka bekerja untuk istirahat.

Akan tetapi pada Rabu siang, ketika rekannya membangunkan korban, ia tidak bangun. Saat dicek korban sudah meninggal dunia.

Katanya, terduga pelaku akan segera ditahan untuk dimintai keterangan. Apabila terbukti bersalah, akan diproses sesuai ketentuan.

Editor: Rony Sitanggang

  • Papua
  • TNI
  • POM AL
  • Komandan Lantamal XI Merauke
  • Gatot Mardiyono

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!