Bagikan:

Satgas Operasi Damai Cartenz Tangkap DPO Wadan Kelompok Bersenjata Intan Jaya

"Enos terlibat dalam berbagai rangakaian tindak pidana yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya. Penembakan yang terjadi tanggal 15 Agustus 2022."

NUSANTARA

Rabu, 09 Feb 2022 11:39 WIB

Ilustrasi: Aparat gabungan TNI/Polri saat tengah memburu kelompok bersenjata di Kabupaten Puncak, Pa

Ilustrasi: Aparat gabungan TNI/Polri saat tengah memburu kelompok bersenjata di Kabupaten Puncak, Papua, 12 Juli 2021. (Humas Polri)

KBR, Jayapura-   Satgas   Operasi Damai Cartenz dan jajaran Polres Mimika, Papua menangkap salah satu pemimpin kelompok bersenjata di Intan Jaya, Enos Tipagau. Polisi menangkap Enos  di Jalan Budi Utomo, Kota Mimika, Kabupaten Mimika saat sedang mencari amunisi, Sabtu (5/2/2022).

Kapolres Mimika I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan Enos Tipagau telah masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak 2020 silam. Menurutnya, Enos Tipagau merupakan wakil komandan kelompok bersenjata Intan Jaya, Kompi Baitua pimpinan Undius Kogoya.

Kata Dia, sejak 2020, Enos Tipagau terlibat sejumlah penembakan di Intan Jaya. Tidak hanya terhadap warga sipil, juga aparat keamanan di sana.

"Enos terlibat dalam berbagai rangakaian tindak pidana yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya. Penembakan yang terjadi tanggal 15 Agustus 2022. Melakukan penembakan untuk mengganggu rombongan tim penjemputan Bapak Wakapolda Papua terjadi 25 September 2020," kata I Gusti Gde Era Adhinata, Rabu (9/2/2022).

Kapolres Mimika, I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan Enos Tipagau juga terlibat penembakan ke Polsek Sugapa, Intan Jaya, pada 30 September 2020. Selain itu, menembaki Pos Koramil pada 25 Februari 2021.

Baca juga:

Kata dia, Enos juga terlibat pembakaran kios warga sipil di Intan Jaya pada 30 Oktober 2021, dan menembak seorang warga sipil di sana pada 8 Februari 2021.

DPO Enos Tipagau ditangkap bersama enam orang. Namun keenam orang yang bersamanya telah dibebaskan, sebab dari hasil pemeriksaan mereka tidak terlibat dengan kelompok bersenjata.  

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ikhtiar Sorgum untuk Substitusi Gandum

Most Popular / Trending