NUSANTARA

Puluhan Pasien Covid-19 Dirawat di RSHS Bandung

""Jadi dari beberapa pasien yang positif di Rumah Sakit Hasan Sadikin ini, kita lakukan pemeriksaan dengan SGTF (pemeriksaan probable omicron) dan ada lima pasien probable""

Puluhan Pasien Covid-19 Dirawat di RSHS Bandung
ilustrasi keterisian tempat tidur di rumah sakit imbas lonjakan covid-19. (Foto: Antara/Asprilia Dwi)

KBR, Bandung - Koordinator Pelayanan Medik Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Zulvayanti menyebutkan total pasien COVID-19 yang dirawat 36 orang. Rinciannya, sembilan pasien berada di ruang isolasi instalasi gawat darurat (IGD) dan 27 pasien lainnya di ruang perawatan.

"Di antara 36 pasien ini, 14 pasien positif (covid-19) dan sisanya masih suspek (terduga). Jadi dari beberapa pasien yang positif di Rumah Sakit Hasan Sadikin ini, kita lakukan pemeriksaan dengan SGTF (pemeriksaan probable omicron) dan ada lima pasien probable (cenderung terpapar) omicron," ujar Zulvayanti dalam keterangan daring di Bandung, Jumat, (4/2/2022)

Zulvayanti mengaku telah merancang strategi jika jumlah kasus covid-19 kembali meningkat di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Salah satunya, menambah kapasitas ruangan dan ranjang perawatan pasien, petugas penanganan serta alat penunjang lainnya.

"Itu jika jumlah pasien mencapai 1 hingga 200 orang akan dirawat di satu gedung yaitu Kemuning. Dengan menambah kapasitas tempat tidur di gedung itu dan menjadi bangunan khusus perawatan pasien covid-19," jelasnya.

Berita lainnya:

Sementara jika pasien covid-19 berjumlah lebih dari 200 hingga 325 pasien, kita akan menambah tempat tidur dan ruangan di Asnawati serta Kana. Langkah terakhir, lanjut dia, jika pasien jumlahnya di atas 325, maka akan dialihfungsikan gedung perawatan lain selain Kemuning, Anawati dan Kana.

"Pada prinsipnya dalam perawatan pasien COVID-19 ini, kita akan mengenalkan zonasi. Ini juga akan berimbas dengan penambahan SDM (sumber daya manusia). Tahap awal kita akan melakukan mobilisasi SDM di RSHS terlebih dahulu," ucap Zulvayanti.

Tetapi apabila jumlah SDM tidak mencukupi, rumah sakit milik Kementerian Kesehatan itu akan meminta bantuan kepada relawan kesehatan dan tenaga kesehatan lainnya, imbuhnya.

Editor: Kurniati Syahdan

  • RSHS
  • RS Hasan Sadikin Bandung
  • Bandung
  • probable omicron
  • Pasien Omicron
  • covid-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!