NUSANTARA

Lima Pasien Covid di Kota Jayapura Kabur dari Tempat Karantina

""Alamatnya ada yang kita ketahui, kita datangi di rumahnya dengan Satpol PP""

Arjuna Pademme

Ilustrasi: Tim mobile Kesdam vaksinasi  covid di Ponpes Yaa Bunayya, Jayapura, Rabu (26/1/22). (Koda
Ilustrasi: Tim mobile Kesdam vaksinasi covid di Ponpes Yaa Bunayya, Jayapura, Rabu (26/1/22). (Kodam Cendrawasih)

KBR, Jayapura-   Sebanyak lima orang pasien Covid-19 di Kota Jayapura, Papua kabur dari tempat karantina terpusat. Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan kelima pasien itu kabur pada pekan lalu. Kata dia, mereka kabur lewat bagian belakang Lembaga Pendidikan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua, yang kini dijadikan tempat karantina terpusat oleh Pemkot Jayapura.

Menurutnya, satu dari lima pasien yang sedang menjalani proses penyembuhan itu, telah diketahui identitasnya. Sedangkan empat lainnya, tidak memiliki identitas lengkap.

"Alamatnya ada yang kita ketahui, kita datangi di rumahnya dengan Satpol PP dan dia minta. Dia minta, dia mau isoman di rumah dan yang lain tanpa identitas jelas. Alamatnya tidak jelas. Tapi kita akan menambah personil Satpol PP di LPMP itu. Itu semua dari kapal, dari kapal semua. Semua dari kapal yang kita tampung," kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, Senin (21/2/2022).

Benhur Tomi Mano mengatakan untuk mencegah kejadian serupa terulang, Pemkot Jayapura akan memperketat penjagaan di lokasi karantina terpusat.
Pemerintah setempat akan meminta polisi dan TNI membantu Satpol PP melalukan pengamanan.

Katanya, kini sekitar 50 pasien korona menjalani karantina terpusat di LPMP Papua. Mereka adalah pelaku perjalanan dari luar Kota Jayapura dengan menggunakan transportasi laut.

Baca juga:

Menurutnya, warga ini dikarantina, sebab dinyatakan positif Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan setibanya di pelabuhan Jayapura.

Hingga Senin (21/2/2022), pasien korona di Kota Jayapura mencapai 2.142 orang. Ada yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit, ada yang dikarantina mandiri, dan sebagian besar melakukan isolasi mandiri, sebab tanpa gejala atau hanya gejala ringan. 

Editor: Rony Sitanggang

  • Varian Omicron
  • Covid-19 di Papua
  • pandemi covid-19
  • Satgas Penanganan COVID-19 Papua
  • Covid-19
  • Papua
  • Satgas Covid-19
  • Wali Kota Jayapura
  • Benhur Tomi Mano

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!