Stok Terbatas, Harga Bawang Putih Meroket

"Agak sulit, ada virus corona. Pengaruhnya dari situ, jadi agak mahal dan pengiriman tersendat."

BERITA | NUSANTARA

Selasa, 04 Feb 2020 13:56 WIB

Author

Anindya Putri, Hermawan

Stok Terbatas, Harga Bawang Putih Meroket

Pedagang bawang di Pasar Induk Banyuwangi mengeluh harga mahal, Selasa (4/2/2020). (Foto: KBR/Hermawan)

KBR, Semarang - Harga komoditas bawang putih di pasar tradisional Kota Semarang Jawa Tengah mengalami lonjakan harga. Bawang putih yang semula dijual Rp30 ribu perkilogram kini melonjak hingga Rp50 ribu perkilogram, dalam sepekan terakhir.

Salah seorang pedagang bawang putih di Pasar Johar, Ngadiman menduga naiknya harga bawang putih disebabkan berkurangnya pasokan impor dari China.

"Awalnya normalnya itu Rp30 ribu, kemudian naik jadi Rp50 ribu. Karena pengiriman dari luarnya terhambat. Agak sulit, ada virus corona. Pengaruhnya dari situ, jadi agak mahal dan pengiriman tersendat," kata Ngadiman kepada KBR di Semarang, Selasa (4/2/2020).

Ngadiman menjelaskan, sebelum terjadinya kenaikan harga dan pembatasan impor bawang putih ia mampu mendapatkan 12 ton bawang putih. Namun sepekan terakhir ia hanya mendapat stok bawang putih empat ton untuk sepekan.

Ia berharap pemerintah bisa mengupayakan stok impor bawang putih kembali normal, agar tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga yang berimbas merugikan rakyat.

Bisa tembus 100 ribu


Kenaikan harga bawang putih juga terjadi di sejumlah pasar tradisional di Banyuwangi, Jawa Timur. Di pasar induk Banyuwangi harga bawang putih mencapai Rp55 ribu perkilogram, dari sebelumnya Rp45 ribu perkilogram.

Seorang pedagang Pasar Induk Banyuwangi Hikmah mengatakan kenaikan harga bawang putih terjadi sejak sepekan ini. Ia menyebut naiknya harga bawang putih karena pasokan yang berkurang dari agen. Dia terpaksa menaikan harga jual bawah putih.

Hikmah juga menduga kenaikan harga bawang putih ini akibat adanya wacana penghentian impor pangan dari Tiongkok. Para agen memanfaatkan kesepatan tersebut untuk menaikan harga.

Dia memperkirkan jika stok bawang putih terus berkurang maka harganya bisa mencapai Rp100 ribu lebih perkilogram.

“Sebelumnya saya menjual Rp45 ribu. Stok mengambil dari pasaran. Tapi mulai telat stoknya ini," kata Hikmah di Pasar Induk Banyuwangi, Selasa (4/2/2020).

Selain harga bawang putih, harga bawang merah juga ikut naik. Hari ini harga bawang merah Rp25 ribu perkilogram, atau naik dari sebelumnya Rp20 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai kecil bertahan di harga Rp80 ribu perkilogram.

Sebelumnya, Kementerian  Perdagangan  berencana menghentikan  sementara impor pangan atau makanan dari Tiongkok. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang berasal dari  Tiongkok. Kementerian Perdagangan memastikan  pangan  yang masih di impor dari Tiongkok seperti bawang putih masih bisa diisi dari stok dalam negeri.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Menunggu Sanksi Aparatur Tak Netral di Pilkada

Membangun Empati Lewat Berbagi Pangan

Kabar Baru Jam 15