BERITA

Tangkal Radikalisme, NU Usul Ada Pelajaran 'Aswaja' di Sekolah

Tangkal Radikalisme, NU Usul Ada Pelajaran 'Aswaja' di Sekolah

KBR, Malang - Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang, Jawa Timur mengusulkan ada mata pelajaran khusus menangkal radikalisme dan terorisme.

Ketua LP Maarif NU Kabupaten Malang, Hasan Abadi mengatakan mata pelajaran khusus itu penting untuk menyemai paham Islam yang toleran dan moderat. Dengan begitu, kata Hasan, siswa bisa diajak menangkal paham radikalisme yang kini diduga sudah merebak melalui dunia pendidikan.


Hasan Abadi menilai pendidikan antiradikalisme sejak dini penting untuk memberi pondasi dasar.


Mata pelajaran bisa mengadobsi mata pelajaran Ahlusunah Wajhamaah atau Aswaja yang diterapkan di lembaga pendidikan NU.


Mata pelajaran ini dianggap efektif menanamkan sikap dan nilai moderat,  toleran dan antiradikalisme.


"Ini tempat kita menyemaikan ideologi antiradikalisme. Kalau gagal menyemai Islam toleran dan moderat di sekolah, baik sekolah dasar dan menengah, maka dipastikan akan gagal di perguruan tinggi. Kalau itu yang terjadi maka ini menguatkan penelitian bahwa banyak mahasiswa menyetujui bergantinya ideologi pancasila dengan bentuk lain," kata Hasan Abadi di Malang.


Mata pelajaran khusus itu, kata Hasan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lembaga pendidikan. Tak semua diadopsi. Soal nama mata pelajaran dan kontennya, Hasan mengusulkan agar itu dikaji bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Editor: Agus Luqman 

  • radikalisme
  • Terorisme
  • Nahdlatul Ulama
  • Toleransi
  • Intoleransi
  • Islam moderat

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Mintoa year ago

    https://kepustakaan-ilmukepolisianri.perpusnas.go.id/home/record?slug=mengupas-isu-terorisme-bersama-ptik-perguruan-tinggi-ilmu-kepolisian-ustadz-firanda-andirja&fbclid=IwAR09bakAE0z745Jn71B-2pyiFdjmc4uzOhx7Xqf5cWCAECycQJoWw0C7QaQ Read more at: https://www.fotodakwah.com/2022/11/kajian-ustad-firanda-andirja-tentang.html?m=1 Via © @fotodakwah