BERITA

Banjir Surut, BPBD Brebes Perbaiki Tanggul Jebol

Banjir Surut, BPBD Brebes Perbaiki Tanggul Jebol

KBR, Brebes– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Jawa Tengah sedang fokus memperbaiki tanggul yang jebol di 6 titik. Antara lain di Desa Terlangu sebanyak 2 titik dan 4 titik di Desa Kedungtukang.

Kepala BPBD Brebes, Eko Andalas mengatakan, perbaikan tanggul tersebut sudah mencapai 80 persen.


"Sudah mulai kembali. Karena mereka juga ingin melihat rumahnya, karena banir di rumahnya kan sudah surut. Ada enam titik. Berupa spot-spot. Salah satu titik itu yang jebol 30 meter. Yang hari ini dan kemarin sudah kita upayakan. Kalau yang lima lainnya itu ya berupa spot-spot, ada yang 5 meter 10 meter. Tetapi masih berada di satu kawasan. Lahan pertanian itu memang masih ada ada sebagian yang terendam di Pebatan. Kita belum assesment ke Dinas Pertanian, data yang sudah masuk berapa,” jelas Kepala BPBD Brebes Eko Andalas, Minggu (19/2/2017).


Eko Andalas menambahkan sebagian besar pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. Meski, masih ada 700an pengungsi yang bertahan di Gedung Olahraga dan Gedung DPRD Brebes dan masjid yang berdekatan dengan perkampungan penduduk.


Sebelumnya, banjir yang melanda 12 desa di tiga kecamatan Kabupaten Brebes menyebabkan 4.930 orang mengungsi di 10 titik pengungsian. Banjir juga mengakibatkan ribuan lahan pertanian di Brebes terendam air. Tanaman yang terendam yaitu padi dan bawang merah. BPBD dan Dinas Pertanian setempat masih melakukian pendataan kerugian pertanian akibat banjir.


Editor: Sasmito

  • Brebes
  • banjir
  • BPBD Brebes

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!