Kepolisian Banyumas Siapkan Pasukan Tangani Bencana

Kepolisian Banyumas siapkan diri jelang puncak hujan akhir bulan ini

BERITA | NUSANTARA

Sabtu, 20 Feb 2016 19:09 WIB

Author

Muhamad Ridlo Susanto

Kepolisian Banyumas Siapkan Pasukan Tangani Bencana

Ilustrasi (Foto: Ridlo/KBR)

KBR, Banyumas– Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah menyiagakan pasukan yang bisa diterjunkan sewaktu-waktu untuk menangani potensi bencana menyusul puncak musim hujan pada Februari ini. Kepala Kepolisan Banyumas, Gidion Arif Setiyawan mengungkapkan, dari 27 kecamatan yang ada di Banyumas, 18 diantaranya merupakan daerah rawan bencana, mulai tanah longsor hingga banjir bandang dan banjir rendaman. 

Selain menyiagakan anggota, pihaknya juga menyediakan peralatan, seperti perahu karet, alat penyelaman, mesin pemotong dan lokasi pengungsian.

"Secara normatif, sepertiga dari kekuatan instansi seperti Polri kemudian TNI itu sudah harus siaga, dalam konteks kondisi normal. Kalau situasi bencana kondisi dinyatakan lebih mungkin ya bisa sampai dua per tiga, dua pertiga kekuatan. Kalau kekuatan kami 1500 paling tidak 500 setiapnya siap untuk membantu masyarakat dalam konteks penanggulangan bencana," ujarnya kepada KBR

Gidion Arif Setiyawan menjelaskan, pihaknya juga turut melatih kesiapsiagaan bencana di tingkat organisasi kepemudaan, ormas dan lembaga swadaya. 

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kabupaten Banyumas dan sejumlah wilayah lain mengalami puncak musim penghujan pada Februari ini. Hal ini meningkatkan potensi bencana bahaya tanah longsor dan banjir bandang. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aparat diminta Tingkatan Kualitas Pengamanan Pejabat Negara