NUSANTARA

BBWS Citanduy Normalisasi Saluran Cibeureum Cilacap

"BBWS Citanduy mengeruk saluran sepanjang 200-an meter lebih di titik buang paling vital"

BBWS Citanduy Normalisasi Saluran Cibeureum Cilacap
Banjir Cilacap. Foto: Muhammad Ridlo Susanto

KBR, Cilacap – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy menormalisasi saluran buang air Cibeureum di Tarisi Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah 4 Cilacap, Edi Sapto Priyono menjelaskan, BBWS Citanduy mengeruk saluran sepanjang 200-an meter lebih di titik buang paling vital.  Dia mengklaim pengerukan tahap pertama ini berhasil menyurutkan air di sekitar permukiman penduduk dan areal pesawahan yang sebelumnya terendam lebih dari sepekan.


"Normalisasi BWWS Citanduy Banjar, selama dua hari di sana, juga dampaknya sudah bagus. Cuma hasil maksimal yang diharapkan memang sepanjang 2,5 kilometer ya. Cuma kemarin kemampuan BBWS cuma selama dua hari, karena uji coba. Alatnya harus segera kembali. Nanti bisa diperpanjang lagi dengan pengajuan surat untuk perpanjangan normalisasi," ujar Edi kepada KBR, Minggu, 28 Februari 2016.


Edi menambahkan, BBWS juga mengusulkan pengerukan di sejumlah saluran air yang mengalami sedimentasi. Antara lain di Pahonjean Kecamatan Majenang, serta Sidadadi dan Sidamulya Kecamatan Wanareja. Di tiga desa ini, puluhan hektar tanaman padi mati karena terendam lebih dari sepekan. Hampir serupa dengan di Tarisi, penyebab banjir di tiga desa ini juga karena pendangkalan saluran buang air dari areal permukiman dan lahan pertanian. 

  • normalisasi sungai
  • BPBD Cilacap
  • Sungai Citanduy

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Gunawan8 years ago

    Portal positif