HEADLINE

Banyuwangi Alokasikan Dana Infrastruktur Rp 538 Miliar

"Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Binamarga, Cipta Karya dan Tata Ruang Banyuwangi, Mujiono mengklaim pembangunan infrastruktur tahun ini akan dilakukan secara merata."

Banyuwangi Alokasikan Dana Infrastruktur Rp 538 Miliar
Ilustrasi pembangunan jalan desa

KBR, Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengalokasikan dana pembangunan infrastruktur sebesar Rp 538,6 miliar. Anggaran ini naik Rp 160 miliar lebih dari anggaran tahun lalu sebesar Rp 368,9 miliar. Anggaran ini akan dibelanjakan untuk membangun jalan, jembatan, sarana-prasana publik dan infrastruktur sumberdaya air.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Binamarga, Cipta Karya dan Tata Ruang Banyuwangi, Mujiono mengklaim pembangunan infrastruktur tahun ini akan dilakukan secara merata, sehingga warga bisa mengakses fasilitas publik dengan mudah.

Dia merinci alokasi terhadap jalan dan jembatan sebesar Rp 275 miliar dengan target pembangunan dan pemeliharaan jalan sepanjang 800 kilometer. Pembangunannya pun difokuskan pada jalan penghubung antar-desa. Tahun lalu Pemkab fokus pada perbaikan jalan antar-kecamatan.

 

“Target kami yang pertama untuk jalan poros antar desa, kalau antar kecamatan kayaknya sudah hampir 90 persen. Sekarang sudah bergeser ke jalan poros antar desa ke desa. Sifatnya adalah pemeliharaan rutin dan pemeliharaan berkala. Terutama pakai struktur hotmix, jadi kita semua pakai hotmix untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Mujiono (21/2/2016).


Selain jalan, menurut Mujiono, Dinas Pekerjaan Umum juga akan membangun sejumlah jembatan yang menghubungakan antar kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Kabat, Pesanggaran dan Jembatan Glenmore. Masing-masing jembatan ini akan dibangun dengan lebar 6 meter, sementara panjangnya disesuaikan dengan lokasi.


Pemkab Banyuwangi juga akan mengembangkan infrastruktur penunjang pariwisata. Tahun ini, penataan Pantai Mustika di Kecamatan Pesanggaran dan pembangunan landscape Grand New Watudodol dimulai dengan total anggaran capai Rp 2,25 miliar.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Dana Infrastruktur
  • banyuwangi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!