NUSANTARA

Yayasan Belanda Bantu Operasi Katarak Gratis di Sumba Timur

"Sekitar 250-an warga Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat pelayanan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Kristen Lindimara (RSKL)."

Radio Max FM

Yayasan Belanda Bantu Operasi Katarak Gratis di Sumba Timur
Yayasan Belanda, Operasi katarak, Sumba Timur

KBR68H, Sumba Timur – Sekitar 250-an warga Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat pelayanan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Kristen Lindimara (RSKL).

Direktur RSKL dr. Rani Manu Mesa mengatakan, pihaknya  bekerja sama dengan dokter spesialis mata yang tergabung dalam Yayasan SLAH dari Belanda untuk melakukan operasi katarak.

“Dorang (mereka, red.) minta memang untuk mulai screening (pemilihan pasien, red.), jadi yang mana yang bisa operasi mana yang tidak. Karena bukan hanya katarak yang mereka minta, mereka minta katarak dan pterigium. Pterigium itu yang ada pembuluh darah yang menebal banyak di mata,” jelas dr. Rani Manu Mesa.

Rani menambahkan, semua tindakakan operasi mata ini tidak dipungut biaya, kecuali bila setelah operasi pasien harus di rawat inap di RSKL dan dapat perawatan lanjutan. Tetapi bila pasien memiliki kartu Jamkesmas, pasien tidak perlu membayar.

Rencananya operasi katarak gratis di RSKL akan berlangsung sampai 6 Maret 2014 mendatang. Bagi mereka yang belum mendaftar masih diberi kesempatan untuk mendaftar. (Heinrich Dengi)

Sumber: Max FM
Editor: Anto Sidharta

  • Yayasan Belanda
  • Operasi katarak
  • Sumba Timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!