NUSANTARA

Ratusan Pekerja Anak di Bondowoso Kembali Ke Sekolah

"KBR68H, Bondowoso "

Ratusan Pekerja Anak di Bondowoso Kembali Ke Sekolah
pekerja anak, bondowoso, sekolah


KBR68H, Bondowoso – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menarik seratusan pekerja anak dari dunia kerja. Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Fathurohman mengatakan, selama tiga tahun terakhir Disnaker telah menarik sebanyak 300 lebih anak untuk disekolahkan. (Baca: Pemerintah Kembalikan 32.000 Pekerja Anak ke Sekolah)

“Mulai 2011, kita sudah melakukan menarik pekerja anak untuk dikembalikan ke lingkungan pendidikan. Totalnya, tahun 2011 itu ada 60 anak, tahun 2013 ada 120 anak dan tahun 2013 sebanyak 150 pekerja anak,” kata Fathorohman kepada KBR68, Senin (24/02/).

Menurut Fathurohman, kebanyakan pekerja anak yang ditarik dari dunia kerja, berusia antara 7-12 tahun. Pekerjaan yang mereka lakukan juga beragam, mulai dari bertani, kuli bangunan, buruh ternak, dan kuli angkut pasir. Berdasarkan pemantauan yang dilakukan di lapangan oleh tim dari Disnaker Bondowoso, mayoritas pekerja anak sudah putus sekolah dan berasal dari keluarga miskin. Fathurohman berjanji, tahun ini lebih serius menangani pemasalahan pekerja anak dengan terus mendata untuk mengembalikan anak–anak kembali ke bangku sekolah.

Editor: Nanda Hidayat

  • pekerja anak
  • bondowoso
  • sekolah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!