Pemprov Papua Tunjuk Kejati untuk Hadapi PT Freeport

KBR68H, Jayapura

NUSANTARA

Selasa, 18 Feb 2014 22:13 WIB

Author

Andi Iriani

Pemprov Papua Tunjuk Kejati untuk Hadapi PT Freeport

kejati papua, pemrov papua, pt freeport


KBR68H, Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua menunjuk Kejaksaan Tinggi Papua menjadi kuasa hukum menghadapi pelbagai kasus, terutama memperjuangkan hak daerah terhadap PT Freeport Indonesia. Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan,  saat ini pemerintah sedang memperjuangkan hak-hak penerimaan maupun pendapatan dari perusahaan tambang emas terbesar di dunia itu. (Baca: Pemprov Papua Akan Panggil Manajemen PT Freeport)

“Kita berharap kejaksaan bisa memback up dari segi aspek hukum terutama yang melekat pada kita tapi kita tidak bisa masuk. Sehingga kita perlu tunjuk pengacara Negara,” jelas Lukas Enembe (18/02)

Penunjukan Kejaksaan Tinggi itu dilakukan melalui nota kesepahaman atau MoU antara Pemerintah Provinsi Papua dengan Kejaksaan Tinggi Papua. Selain berhadapan hukum dengan PT Freeport penunjukkan bantuan hukum dari Kejati untuk memperjuangkan hak-hak maupun potensi daerah lainnya. Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Elieser Hutagalung meminta agar Pemerintah Papua bisa segera mengeluarkan surat kuasa khusus agar mereka bisa bekerja mendampingi pemerintah. Elieser juga meminta seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di Provinsi Papua tidak ragu ragu berkonsultasi hukum dengan pihaknya terutama meyangkut bidang perdata maupun tata usaha negara.


Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak