NUSANTARA

Pemkab Kediri Tanggung Perbaikan Rumah Penduduk

Pemkab Kediri Tanggung Perbaikan Rumah Penduduk

KBR68H, Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, berjanji bakal mengganti seluruh kerugian yang dialami warga akibat bencana letusan Gunung Kelud. Ganti rugi yang ditanggung pemerintah daerah yakni, penyediaan bahan-bahan material untuk perbaikan rumah penduduk yang rusak di seluruh wilayah yang terdampak erupsi. 


Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno mengatakan, saat ini pemerintah setempat masih mendata jumlah dan nilai kerusakan akibat erupsi Kelud. Menurut Haryanti, setelah pemda memasok seluruh kebutuhan bahan material, penduduk diminta bergotong royong untuk memperbaiki rumah mereka.


“Sebanyak-banyaknya untuk memberi genting itu. Kita data dulu, kita lihat bantuannya seberapa. Tapi bantuan bukan uang yang jelas, material nanti mereka memasang sendiri. Warga kami itu bukan warga yang malas cuma dia nggak punya bahan, jadi dia bisa untuk mengerjakan sendiri,” kata Haryanti. 


Kamis pekan lalu, Gunung Kelud yang berada di perbatasan Malang, Blitar dan Kediri meletus. Gunung itu memuntahkan material vulkanik hingga ratusan juta meter kubik. Muntahan material vulkanik gunung kelud menghancurkan rumah-rumah penduduk di radius lima kilometer dari puncak kawah. 


Selain merusak rumah warga, erupsi juga merusak lahan pertanian warga. Akibat erupsi Gunung Kelud, puluhan ribu warga Kabupaten Kediri mengungsi. 


  • gunung kelud

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!