NUSANTARA

Lahan Belum Pasti, Relokasi Warga Sinabung Tertunda

"KBR68H, Jakarta "

Khusnul Khotimah

Lahan Belum Pasti, Relokasi Warga Sinabung Tertunda
Sinabung, Erupsi, Relokasi, Pengungsi

KBR68H, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara menyatakan belum dapat merelokasi warga desa di kaki Gunung Sinabung dalam waktu dekat ini. Juru bicara Pemda Kabupaten Karo Jhonson Tarigan beralasan, lahan untuk relokasi belum tersedia. Karena itu warga desa tersebut harus tetap tinggal di pengungsian.

“Belum direlokasi, masih di tempat pengungsian menunggu ketersediaan lahan, tetap mengurus mereka. Pencarian lahan tetap diupayakan. Mempersiapakan kehidupan mereka menjadi normal dengan lahan-lahan yang diperbaiki, “ jelas Jhonson Tarigan.

Juru bicara Pemda Kabupaten Karo, Sumatera Utara Jhonson Tarigan menambahkan, ada 5 desa yang nantinya akan direlokasi. Kelima desa tersebut yaitu Sukameriah, Bakerah, Simacem, Sigarang-garang, dan Sukanalu.

Sebelumnya, BNPB menyiapkan anggaran sebesar Rp 67 miliar untuk merelokasi korban erupsi Gunung Sinabung. Relokasi dilakukan bagi warga yang tinggal di radius 0 hingga 3 km dari puncak.

  • Sinabung
  • Erupsi
  • Relokasi
  • Pengungsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!