NUSANTARA

Kualitas Car Free Day Turun Tiap Tahun

"Komisi Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) menilai terjadi kemunduran dalam pelaksanaan car free day atau Hari Bebas Kendaraan di Jakarta selama 12 tahun ini."

Yuthi Fatimah

Kualitas Car Free Day Turun Tiap Tahun
Car Free Day, menyusut, Komisi Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB)

KBR68H, Jakarta - Komisi Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) menilai terjadi kemunduran dalam pelaksanaan car free day atau Hari Bebas Kendaraan di Jakarta selama 12 tahun ini.

Direktur Eksekutif KPBB, Ahmad Safrudin mengatakan, ini terjadi karena adanya pengurangan waktu pelaksanaan kebijakan tersebut dari tahun ke tahun. Saat ini, car free day hanya berlangsung selama lima jam setiap minggunya.

"Kalo sekarang kesannya hanya menyelenggarakan even terlaksana. Padahal esensinya bukan hanya itu. Even itu hanya trigger. Yang lebih penting itu bagaimana mendorong masyarakat aware atau sadar untuk tidak tergantung pada penggunaan kendaraan bermotor. Nah, esensi-esensi itu yang kita pandang mengalami kemunduran," kata Ahmad Safrudin di kantor KPBB.

Direktur Eksekutif KPBB Ahmad Safrudin menambahkan, kegiatan car free day minimal diterapkan delapan jam setiap minggunya. Selain itu juga pemerintah harus memperbaiki infrastruktur, seperti transportasi umum dan area pejalan kaki untuk memfasilitasi masyarakat agar tidak bergantung menggunakan kendaraan pribadi.

Pada tahun 2010, car free day diterapkan selama delapan jam. Kemudian menurun di tahun 2011 menjadi enam jam. Pada 2012 lalu hingga saat ini menjadi lima jam setiap minggunya.

Editor: Anto Sidharta

  • Car Free Day
  • menyusut
  • Komisi Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB)

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!