NUSANTARA

Korban Banjir Manado Diminta Tak Konsumsi Air Sumur

Korban Banjir Manado Diminta Tak Konsumsi Air Sumur

KBR68H, Manado - Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara menghimbau warga yang terkena banjir bandang untuk tidak mengkonsumsi air dari sumur terlebih dahulu. Sekretaris BLH Sulut, Tinny Tawaang mengatakan, air sumur tersebut diduga tercemar zat kimia yang berbahaya dan kotoran manusia maupun hewan. Karena itu warga diminta tidak menggunakannya sampai ada hasil dari laboratorium yang menyatakan aman untuk dikonsumsi.


“ BLH Sulut sedang melaksanakan pemantauan kualitas air sumur dan untuk sementara masyarakat jangan dulu mengkomsumsi air sumur karena terkontaminasi dengan bahan-bahan limbah, tercampur semua dengan tinja industri. Kebanyakan kotoran manusia dan ternak ke sumur sampai dengan ke pemukiman masyarakat," jelas Tinny Tawaang.


Sekretaris BLH Sulut, Tinny Tawaang menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan Water Laboratorium Nusantara Manado tengah melakukan pemantauan kualitas air sumur yang berada di pemukiman penduduk, khususnya yang terkena banjir. Kerjasama ini juga akan memantau kualitas air laut di teluk Manado. 


Banjir bandang dan tanah longsor menerjang Manado dan beberapa wilayah lainnya di Sulawesi Utara pada Januari lalu. 


Editor : Sutami

  • Banjir Manado
  • Air Bersih
  • BLH Manado

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!