NUSANTARA

Kerugian Erupsi Kelud di Kediri Sebesar Rp 136 M

"Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kediri, Jawa Timur, mencatat kerugian materi akibat letusan Gunung Kelud mencapai Rp. 136 miliar."

Toro Suharjo

Kerugian Erupsi Kelud di Kediri Sebesar Rp 136 M
gunung kelud

KBR68H, Kediri - Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kediri, Jawa Timur, mencatat kerugian materi akibat letusan Gunung Kelud mencapai Rp. 136 miliar. 


Menurut Kepala Bidang Informasi dan Logistik Satlak PB Kediri, Adi Suwignyo, belasan ribu rumah penduduk termasuk infrastruktur lain seperti; gedung sekolah dan aset pemerintah rusak terkena material vulkanik Gunung Kelud. Sementara kerusakan yang melanda sektor pertanian mencakup belasan ribu hektar tanaman padi, jagung, dan cabai yang gagal panen.


“Ada beberapa sektor termasuk sarpras, pertanian, kemudian perkantoran, juga gedung sekolahan SD, SMP, SMA. Yang berdampak dari Gunung Kelud ditaksir sekitar yang terkena puso Rp 112 milyar sekian. Kemudian yang terkena debu dan sebagainya totalnya kerugian ditaksir sementara Rp 136 miliar lebih,” ungkap Adi. 


Sesuai data Satlak Penanggulangan Bencana, total lahan pertanian yang rusak akibat letusan Gunung Kelud sekitar 15 ribu hektar. Sedangkat bangunan rumah, perkantoran dan gedung sekolah yang rusak mencapai 19 ribu unit dengan tingkat kerusakan kategori berat dan sedang. Kerusakan paling parah terjadi di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Kediri. 


Editor: Antonius Eko 

  • gunung kelud

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!