NUSANTARA

Jutaan Kubik Lahar Dingin Gunung Kelud Sumbat Sungai Konto

"Terjangan lahar dingin Gunung Kelud dari arah Kecamatan Kandangan, Kediri, yang mengalir di Sungai Konto membuat Dam Gude, Di Desa Bugasur, Jombang, Jawa Timur, tersumbat."

Muji Lestari

Jutaan Kubik Lahar Dingin Gunung Kelud Sumbat Sungai Konto
sungai konto, gunung kelud, lahar dingin

KBR68H, Jombang – Terjangan lahar dingin Gunung Kelud dari arah Kecamatan Kandangan, Kediri, yang mengalir di Sungai Konto membuat Dam Gude, di Desa Bugasur, Jombang, Jawa Timur, tersumbat. Pasalnya, lahar dingin itu membawa jutaan kubik material pasir dan kayu.


Kepala Kepolisian Sektor Gudo, Ismono Hadi, mengatakan, kondisi itu membuat ribuan warga yang tinggal di sekitar aliran Sungai Konto di Jombang terancam kebanjiran. Untuk mengantisipasi hal itu, warga dan Polisi melakukan pembersihan dam dengan alat seadanya secara manual.

"Harapannya supaya air jangan sampai meluber ke kiri maupun ke kanan. Sementara yang ada saja yang kelihatan menonjol, yang kelihatan bisa dikeruk oleh warga dan kemungkinan nanti hasil konfirmasi dengan pak camat akan dilakukan pengerukan dengan menggunakan alat becho, ujar Ismono Hadi (19/2)"

Sejak semalam, Gunung Kelud memuntahkan lahar dingin. Kondisi itu diperparah dengan adanya hujan deras yang mengguyur wilayah Kediri dan Jombang.


Derasnya lahar dingin megalir disejumlah sungai, salah satunya adalah Sungai Konto yang melintasi tiga kecamatan di Jombang. Yakni Ngoro, Gudo dan Bandarkedungmulyo.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • sungai konto
  • gunung kelud
  • lahar dingin

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!