NUSANTARA

Imigrasi Kupang Masih Tampung Ratusan Imigran Gelap

Imigrasi Kupang Masih Tampung Ratusan Imigran Gelap

KBR68H, Kupang - Kantor Imigrasi Kupang, Nusa Tenggara Timur masih menampung 170-an imigran gelap. Kepala Divisi Imigrasi Kantor Kementerian Hukum dan Ham NTT Vikner Sitompul mengatakan, jumlah imigran melebihi kapasitas sehingga sebagian imigran ditempatkan di tempat lain yang disewa pihak Imigrasi. Terkait pemulangan mereka, kata dia, pihaknya masih menunggu penetapan status dari UNHCR.

"Semakin cepat UNHCR menetapkan status sebagai pengungsi, kita pulangkan. Tapi kalau memang nanti dari UNHCR prosesnya masih menunggu waktu ya bersabar lagi di sini dulu. Karena diakan akan ditempatkan di negara ketiga, entah di Australia. Itu nanti UNHCR yang akan menentukan. Kita hanya merawat mereka menunggu pemulangan. Setidak-tidaknya kalau mereka mau pulang dengan sendirinya lebih bagus. Jadi mereka minta permohonan untuk pulang dengan sendirinya ke negaranya, kita berikan dokumen, kita pulangkan," jelas Vikner Sitompul.

Kepala Divisi Imigrasi Kementerian hukum dan HAM NTT, Vikner Sitompul menambahkan, warga NTT diminta ikut mengawasi para imigran gelap. Warga diminta melapor jika menemukan imigran di tempat umum atau di pusat perbelanjaan.

  • Imigran
  • Kupang
  • Detensi Imigrasi
  • Australia
  • UNHCR

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!