NUSANTARA

Erupsi Kelud, Warga Blitar Diminta Jauhi 4 Sungai

"KBR68H, Blitar - Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur melarang masyarakat beraktivitas di sekitar sungai yang menjadi kawasan aliran lahar dingin Gunung Kelud."

Adhar Muttaqin

Erupsi Kelud, Warga Blitar Diminta Jauhi 4 Sungai
lahar dingin, banjir lahar dingin, empat sungai di blitar, lahar dingin kelud

KBR68H, Blitar - Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur melarang masyarakat beraktivitas di sekitar sungai yang menjadi kawasan aliran lahar dingin Gunung Kelud. Juru Bicara Pemkab Blitar, Jhoni Riyanto mengatakan empat sungai yang harus bebas dari aktivitas warga antara lain, Kali Kuning, Kali Bladak, Kali Semut dan Kali Putih. Kawasan tersebut dinilai cukup berbahaya, terlebih saat ini debit maupun arah aliran lahar dingin sulit untuk diprediksi.

"Lahar dingin itu biasanya mengalir melalui aliran-aliran lahar, namun karena kondisi Gunung Kelud tidak biasa, sehingga memprediksi aliran juga susah. Namun di aliran itu sudah ada kantong-kantong cekdam, sehingga untuk menangkis itu sudah berlapis. Akan tetapi kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berada di sekitar aliran itu," kata Jhoni Riyanto.

Lanjut Jhoni, warga harus benar-benar menghindar dari lokasi aliran lahar tersebut terutama pada saat terjadi hujan. Karena ancaman lahar dingin bisa datang secara tiba-tiba. Sementara itu dari pantauan KBR68H, sejumlah warga masih nekat beraktivitas di kawasan aliran lahar tersebut untuk mencari pasir.


Editor: Fuad Bakhtiar

  • lahar dingin
  • banjir lahar dingin
  • empat sungai di blitar
  • lahar dingin kelud

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!