NUSANTARA

Cuaca Buruk, Stok Pangan NTT Masih Aman

Cuaca Buruk, Stok Pangan NTT Masih Aman

KBR68H, Kupang - Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Nusa Tenggara Timur (NTT) minta setiap pemerintah kabupaten melaporkan kerusakan tanaman pertanian akibat cuaca buruk.

Kepala BKPP NTT Haji Husen mengatakan, BKPP NTT sudah dua kali menyurati pemerintah kabupaten agar melaporkan kondisi ketahanan pangan di daerahnya masing-masing akibat cuaca buruk.

"Dan hari ini sudah surat kedua kami minta agar supaya bisa menyampaikan permasalahan yang ada di desa atau kecamatan kabupaten masing-masing. Sehingga dengan tingkat analisis mereka, apa ini gagal panen atau lainnya, sehingga kita bisa antisipasi," tutur Haji Husen di Kupang, Rabu (5/2).

Haji Husen menambahkan, meski cuaca buruk melanda NTT dalam tiga pekan ini, pihaknya belum menerima laporan soal rawan pangan atau kerusakan tanaman pertanian. Menurut dia, warga masih memiliki persediaan pangan yang cukup. Sebab, warga sudah berpengalaman, bila memasuki musim seperti ini, dengan  menyiapkan persediaan pangan.

Hujan dan Angin Kencang

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Kupang NTT memprediksikan hujan dan angin kencang masih akan terjadi di NTT.

Kepala Stasiun Metrologi Kupang Atmaji Putro mengatakan, kondisi angin kencang disertai hujan masih akan terjadi hingga akhir Pebruari.

"Potensi angin ini di periode ini masih akan terjadi hingga akhir Februari terutama anginnya memang masih angin barat kemudian dengan kecepatannya rata-rata 10 knot. Pada sore menjelang malam bisa kecepatan angin itu meningkat kurang lebih 20 hingga 25 knot itupun waktunya hanya sesaat tidak berlangsung secara terus menerus. Namun secara umum dibandingkan dengan bulan Januari kemarin kecepatan angin itu sudah mulai melemah. Tentunya dengan kecepatan angin mulai berkurang menurun tentu saja akan mengikuti ketinggian gelombamg."

Atmaji Putro menambahkan meski cuaca berangsur membaik, namun warga diminta tetap waspada. Karena hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang masih akan terjadi.

Editor: Anto Sidharta

  • Cuaca Buruk
  • Stok Pangan
  • NTT

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!