NUSANTARA

Berantas Pungli, Ahok Siapkan PTSP

Berantas Pungli, Ahok Siapkan PTSP

KBR68H, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta sedang menyiapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terkait pengurusan izin usaha. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan sistem ini bertujuan untuk memudahkan pemgurusan izin usaha dan menghilangkan potensi adanya pungli. Kata dia Pemprov saat ini masih mencari orang yang tepat untuk mengepalai sistem pelayanan ini.


"Kita lagi siapkan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Memang pusing ngurus usaha di Jakarta. Kamu ngurus apapun diputer-puterin kemana-mana. Kamu buka restoran saja bisa diperas duit, ada oknumnya . Kalau sudah pelayanan satu pintu, langsung bayar jadi orang tidak bisa main. Kalau dia telat (bayar) kan juga ketahuan. Makanya lagi mau dicari siapa ini Kepala PTSP," jelasnya di Balaikota Jakarta Timur, Kamis (13/2)


Lembaga Ombudsman RI sebelumnya menyatakan mendapat banyak aduan terkait pelayanan publik dan pemberian izin usaha di Jakarta. Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana mengatakan, ada 1.100 pengaduan terkait izin usaha di Jakarta sepanjang tahun lalu. Kata dia sejumlah pengadu mengeluhkan banyaknya pungli saat ingin mendirikan usaha.



Editor : Sutami

  • PTSP
  • Ahok
  • Wagub DKI
  • Pungli DKI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!