NUSANTARA

Asap Makin Parah, Warga Riau Diminta Kurangi Aktivitas Luar Rumah

"Kepala Dinas Kesehatan Riau, Zainal Abidin mengatakan Indeks standar Pencemaran Udara (ISPU) di dua kota itu sudah masuk level berbahaya. Dinas Kesehatan juga telah menyiagakan posko kesehatan bersama BPBD setempat."

Asap Makin Parah, Warga Riau Diminta Kurangi Aktivitas Luar Rumah
Riau, BPBD, kabut asap, kebakaran, hotspot

KBR68H, Jakarta- Dinas Kesehatan Provinsi Riau meminta masyarakat di Dumai dan Siak untuk mengurangi aktivitas di luar rumah terkait kabut asap di sana.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Zainal Abidin mengatakan Indeks standar Pencemaran Udara (ISPU) di dua kota itu sudah masuk level berbahaya. Dinas Kesehatan juga telah menyiagakan posko kesehatan bersama BPBD setempat.

"Kita minta supaya warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau pun terpaksa keluar, wajib pakai masker. Terutama ketika Indeks Standar Pencemaran Udara diatas 100. Kalau kemarin ada di dua tempat yang sudah sangat membahayakan. Di Kota Dumai dan Kabupaten Siak. Karena di dua tempat itu ISPU sudah mencapai 449," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Riau, Zainal Abidin mengatakan selain membuka posko kesehatan, pemerintah daerah juga menyiagakan dokter-dokter di puskesmas setempat untuk mengantisipasi lonjakan pasien. Ia juga memastikan pasokan obat dan masker tercukupi.

Bencana kabut asap dan pembakaran lahan terus diselidiki kepolisian Riau. Kepolisian telah memeriksa 23 orang. Polisi tak menampik ada diantara mereka yang akan ditetapkan sebagai tersangka. Sementara untuk kasus kebakaran lahan tahun lalu, masih diproses di Pengadilan Negeri Pelalawan.

Editor: Agus Luqman

  • Riau
  • BPBD
  • kabut asap
  • kebakaran
  • hotspot

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!