Antisipasi Kekeringan, Pemda Rembang Didesak Wujudkan Program Sungai Terpadu

KBR68H, Rembang

NUSANTARA

Jumat, 28 Feb 2014 13:58 WIB

Author

Musyafa

Antisipasi Kekeringan, Pemda Rembang Didesak Wujudkan Program Sungai Terpadu

kekeringan, sungai, Rembang, sawah

KBR68H, Rembang – DPRD Rembang Jawa Tengah mendesak supaya pemerintah kabupaten segera merealisasikan program pengembangan sungai terpadu (PPST). Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Rembang, Puji Santoso menganggap Pemkab kurang serius. Padahal melalui PPST, nantinya air sungai bisa dibendung untuk mengatasi bencana kekeringan pada musim kemarau mendatang. Tidak seperti sekarang, air sungai langsung menggelontor ke laut.

“ Ketika air hujan turun, air laut tidak bisa naik ke atas, jadi air ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, baik untuk pertanian maupun kebutuhan yang lain. Sejauh ini komitmennya saya melihat belum jelas dari Dinas Pekerjaan Umum. Entah karena terkendala oleh besarnya biaya atau bagaimana? Saya kira kalau memang biaya menelan Rp 2 – 4 miliar, anggaran daerah masih mampu, “ jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Rembang, Hamzah Fathoni mengaku sudah menetapkan 4 sungai besar, untuk program pengembangan sungai terpadu. Tapi ia beralasan terbentur masalah dana. Saat ini pihaknya masih memprioritaskan infrastruktur lainnya.

Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Tetap Aman dan Sehat Beraktivitas Saat Pandemi

Catatan Vaksin Mandiri

Wapres Bicara Vaksinasi untuk Lansia