Aktivitas Meningkat, Status Kelud Jadi Siaga

Status Gunung Kelud di Jawa Timur naik dari waspada menjadi siaga. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana (PVMBG) menyatakan status siaga ini menyusul peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Kelud dalam beberapa pekan terakhir.

NUSANTARA

Senin, 10 Feb 2014 21:25 WIB

Author

Arie Nugraha

Aktivitas Meningkat, Status Kelud Jadi Siaga

Status Kelud, Siaga

KBR68H, Bandung - Status Gunung Kelud di Jawa Timur naik dari waspada menjadi siaga. Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana (PVMBG) menyatakan status siaga ini menyusul peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Kelud dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pemantauan dan Penyidikan Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika, salah satu peningkatan vulkanik itu antara lain penaikan suhu air kawah.

"Rekomendasikan awalnya dua kilometer radius bahayanya. Sekarang ini dikembangkan menjadi lima kilometer daerah bahayanya atau larangannya radius lima kilometer. Dalam radius lima kilometer tidak boleh ada dimasuki area itu," ujarnya saat dihubungi melalui telepon (10/2).

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pemantauan dan Penyidikan Gunung Api PVMBG, I Gede Suantika, menambahkan, aktivitas vulkanik lainnya adalah peningkatan suhu tanah di sekitar gunung. Saat ini Gunung Kelud di Jawa Timur dipantau oleh belasan alat vulkanik saat dinaikkan statusnya dari Normal menjadi Waspada awal bulan ini.

Dua pekan lalu PVMBG mengirimkan alat tambahan untuk memantau aktifitas vulkanologi di Gunung Kelud sebanyak sembilan unit. Selain itu juga empat ahli gunung dari Bandung dikirim ke lokasi serupa untuk memantau peningkatan aktivitas vulkaniknya.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kesiapan Mental sebelum Memutuskan Menikah

Kabar Baru Jam 8

Setahun Pandemi dan Masalah "Pandemic Fatigue"

Kabar Baru Jam 10