Aktivitas Gunung Kelud Meningkat, Gempa Vulkanik Seratus Kali Sehari

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG Hendrasto mengatakan, peningkatan aktivitas didominasi gempa vulkanik dangkal. Gempa dangkal meningkat menjadi lebih dari 100 kali dalam sehari. Padahal aktivitas normal Gunung Kelud hanya lima

NUSANTARA

Rabu, 12 Feb 2014 11:44 WIB

Author

Nur Azizah

Aktivitas Gunung Kelud Meningkat, Gempa Vulkanik Seratus Kali Sehari

Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, PVMBG, gunung api

KBR68H, Jakarta - Aktivitas Gunung Kelud di Jawa Timur terus meningkat sejak statusnya naik dari waspada menjadi siaga pada Senin lalu.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG Hendrasto mengatakan, peningkatan aktivitas didominasi gempa vulkanik dangkal.

Gempa dangkal meningkat menjadi lebih dari 100 kali dalam sehari. Padahal aktivitas normal Gunung Kelud hanya lima kali gempa vulkanik dalam satu hari

"Gempa vulkanik dangkalnya masih tinggi. Tadi jam 00 sampai jam 06 itu ada 123 vulkanik dangkal. Kemudian ada sekitar 23 low frekuensi, vulkanik dalamnya masih tercatat juga 15 kali. Aktivitas itu masih tinggi. Sekarang ini radius steril masih lima kilometer," terang Hendrasto saat dihubungi KBR68H, Rabu (12/02).

Pemerintah Daerah Kediri bersiap mengevakuasi 220 ribu warga yang akan terdampak jika Gunung Kelud meletus.

Evakuasi ditujukan bagi warga yang tinggal di kawasan sekitar Gunung Kelud, seperti Desa Sugihwaras, Sempu, dan Babadan.

Pemerintah Kediri dibantu kepolisian sudah menyiapkan 51 titik kumpul dan 29 lokasi pengungsian.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17