Aktivis Lingkungan Serukan Diet Kantung Plastik

Puluhan pelajar bersama aktivis Komunitas Nol Sampah melakukan aksi

NUSANTARA

Jumat, 21 Feb 2014 21:22 WIB

Author

Petrus Riski

Aktivis Lingkungan Serukan Diet Kantung Plastik

Aktivis Lingkungan, Diet Kantung Plastik, Surabaya

KBR68H, Surabaya - Puluhan pelajar bersama aktivis Komunitas Nol Sampah melakukan aksi “rampok” kantong plastik kresek dari tangan pengunjung di Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur. Kantong plastik tersebut kemudian diganti dengan tas kain.

Menurut Hermawan, Koordinator Komunitas Nol Sampah, aksi ini merupakan upaya edukasi dan penyadaran terhadap masyarakat, akan bahaya kantong plastik bagi kelestarian lingkungan maupun kehidupan manusia.

“Kalau Surabaya penduduknya 3 juta, berarti ada 2,1 milyar kantong plastik yang dihasilkan penduduk Surabaya. Nah kalau melihat datanya dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Karena itulah, makanya diperlukan ada gerakan kampanye di bawah, kemudian ada juga tekanan-tekanan dengan membuat peraturan daerah. Harapan kita ketika di peraturan daerah dibatasi, ini bisa mengurangi,” ungkap Hermawan.

Hermawan menambahkan, kampanye diet tas kresek ini dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah ke-9 yang diperingati pada hari ini (21/1). Pada hari ini 9 tahun lalu, tepatnya tahun 2005, 143 orang tewas tertimbun longsoran sampah di TPA Leuwihgajah, Bandung, Jawa Barat.

Hermawan mengatakan, diet kantong plastik atau tas kresek diharapkan mampu mengurangi beban sampah di daerah. Dari Surabaya, Petrus Riski, KBR68H

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

What's Up Indonesia

Kabar Baru Jam 8