Akil Tuding Mahfud MD Bertanggung Jawab soal Pilkada Banten

Terdakwa kasus suap pilkada di MK, Akil Mochtar, menuding bekas Ketua MK Mahfud MD ikut bertanggung jawab dalam sengketa Pilkada di Banten tahun 2011. Hal ini menyusul dakwaan Jaksa KPK yang menyatakan Akil menerima hadiah Rp7,5 miliar terkait sengketa te

NUSANTARA

Kamis, 27 Feb 2014 20:30 WIB

Author

Indra Nasution

Akil Tuding Mahfud MD Bertanggung Jawab soal Pilkada Banten

Akil, Mahfud MD, Pilkada Banten

KBR68H, Jakarta - Terdakwa kasus suap pilkada di MK, Akil Mochtar, menuding bekas Ketua MK Mahfud MD ikut bertanggung jawab dalam sengketa Pilkada di Banten tahun 2011. Hal ini menyusul dakwaan Jaksa KPK yang menyatakan Akil menerima hadiah Rp7,5 miliar terkait sengketa tersebut.

Akil mengatakan, saat itu yang menjadi panel hakim konstitusi adalah Mahfud MD, bukan dirinya. Dia mengatakan akan membuka semuanya dalam persidangan selanjutnya.

"Padahal faktanya, dalam perkara Pilkada Provinsi Banten tersebut saya bukan merupakan ketua maupun anggota panel hakim konstitusi yang memeriksa dan mengadili perkara yang dimaksud melainkan saudara Mahfud MD, sehingga tidak logis dan relevansinya antara transfer uang dengan perkara Pilkada Banten di MK,” kata Akil

Dalam persidangan kasus Akil, Jaksa Umum KPK mendakwa bekas Ketua MK itu menerima hadiah sejumlah Rp 7,5 miliar dari Adik Gubernur Banten Atut Chosiyah, Chaeri Wardana alias Wawan. Pemberian hadiah itu diduga diberikan karena kekuasaan atau kewenangan selaku Hakim Konstitusi pada MK RI terkait permohonan keberatan atas hasil Pilkada Provinsi Banten.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak