72 Ribu Penduduk Jawa Barat Alami Gangguan Jiwa

KBR68H, Bandung - Sebanyak 72 ribu penduduk di Jawa Barat mengalami gangguan jiwa. Jumlah itu merupakan 18 persen dari total 45 juta penduduk di sana.

NUSANTARA

Sabtu, 22 Feb 2014 14:23 WIB

Author

Arie Nugraha

72 Ribu Penduduk Jawa Barat Alami Gangguan Jiwa

gangguan jiwa, jawa barat, dokter


KBR68H, Bandung - Sebanyak 72 ribu penduduk di Jawa Barat mengalami gangguan jiwa. Jumlah itu merupakan 18 persen dari total 45 juta penduduk di sana. Menurut Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKI) Teddy Hidayat, sebagian yang mengalami gangguan kejiwaan tersebut tidak diobati. Sementara penduduk lainnya yang mengalami gangguan kejiwaan diperiksa ke Puskesmas, rumah sakit dan Dinas Sosial dan pengobatan alternatif.

"Tetapi yang paling banyak adalah tidak terdeteksi, tidak diobati, menjadi kronis, terlantar, dipasung, menggelandang di diskotik," ujarnya di Jalan Gempol Wetan, Bandung (22/2).

Gangguan kejiwaan diperkirakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan menempati urutan ke dua pada 2020 mendatang sebagai penyakit pemicu kematian,menyisihkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas. (Baca: Awas Gangguan Jiwa Mengintai Anda!)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Akibat Pandemi, Angka Kehamilan dan Pernikahan di Jepang Turun

Survive Corona ala Gue

Bias Kognitif Dalam Masyarakat Saat Pandemi

Eps4. Berhitung Plastik pada Kopi Senja

Seribu Jalan Penolak Undang-undang Cipta Kerja