NUSANTARA

5 Ribu Hektar Sawah Padi Terendam, Kudus Rugi Rp 76 Miliar

"KBR68H, Kudus - Lebih dari lima ribu hektar tanaman padi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah gagal panen. Sawah padi itu terendam banjir."

Ahmad Rodli

5 Ribu Hektar Sawah Padi Terendam, Kudus Rugi Rp 76 Miliar
sawah terendam, kudus

KBR68H, Kudus - Lebih dari lima ribu hektar tanaman padi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah gagal panen. Sawah padi itu terendam banjir.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kudus Budi Santosa mengatakan ribuan hektar sawah itu sudah terendam banjir selama sepekan. Pemkab mentaksir kerugian akibat gagal panen itu mencapai Rp 76 miliar.

Budi mengatakan Dampak banjir di wilayahnya tahun ini terbilang luas biasa. Sebab padi di sawah yang tergenang mencapai 6.295 hektar. Seluas 5.117 hektar di antaranya mengalami gagal panen. Selain sawah, jaringan irigasi sepanjang 59 km rusak dan jalanan usaha tani rusak sepanjang 58 km.

"Banjir tahun ini memang luar biasa, untuk padi sawah yang tergenang sebanyak 6.295 hektar. Kemarin yang kami data yang puso mencapai 5.117 hektar. Kerugiannya hanya dari padi Rp 76 miliar. Sedangkan sarana lain jalur irigasi dan jalan usaha tani juga rusak. Jalur irigasi rusak sepanjang 59 km dan jalan usaha tani 58 km," jelas Budi.

Kepala Dinas Pertanian Kudus menambahkan ribuan hektar sawah yang puso tersebar di 5 kecamatan. Kecamatan itu adalah Undaan, Kaliwungu, Mejobo, dan Jekulo.

Sementara petani yang masih bisa memanen tanaman padi juga mengalami kerugian. Karena harga jual gabah menurun menjadi Rp 30.000 per kwintal. Sebelumnya harga gabah normal senilai Rp 42.000 per kwintal.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • sawah terendam
  • kudus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!